Presiden Peru Memperjuangkan Impeachment Atas Skandal Odebrecht

Setiap politisi di era sekarang sepertinya tidak bisa lepas dari skandal yang menimpanya.Bahkan, untuk sekelas presiden sekalipun.Presiden Peru, Pedro Pablo Kuczynski telah mengajukan permohonan pada menit terakhir sebelum sebuah kongres memutuskan untuk menyingkirkannya dari jabatannya.Dalam pengadilan banding tersebut dia berpendapat bahwa dia telah “dihukum sebelumnya”.

Tuduhan Skandal Odebrecht adalah Kudeta?

Kuczynski dituduh dengan kasus Odebrecht dengan dugaan telah menerima pembayaran ilegal dari perusahaan konstruksi Brasil Odebrecht.Organisasi Odebrecht adalah perusahaan konglomerat Brasil yang terdiri dari bisnis terdiversifikasi di bidang teknik, konstruksi, bahan kimia dan petrokimia.Dua wakil presiden Peru telah berjanji untuk mendukung Kuczynski, yang membantah tuduhan tersebut terhadapnya.

Koresponden mengatakan peluangnya untuk tetap bertahan sangat sedikit sekali jika tidak dikatakan tidak mungkin.Sembilan puluh tiga anggota parlemen telah mendukung pemungutan suara impeachment dimana hanya 87 suara yang dibutuhkan agar bisa terus berlanjut. Jika dilepas, dia akan menjadi presiden yang pertama dipaksa turun dari jabatannya karena skandal Odebrecht yang telah menyebar melalui sejumlah negara di Amerika Latin dan sekitarnya.

Dalam pidato di televisi, Presiden Kuczynski menuduh Kongres mencoba untuk melakukan kudeta.”Seiring dengan dua wakil presiden saya, saya akan mempertahankan, dengan keyakinan penuh, komitmen saya terhadap negara dan saya akan mempertahankan kapasitas moral saya untuk terus melayani semua orang Peru sampai akhir masa jabatan saya,” katanya.”Kami menghadapi sebuah kudeta yang disamarkan sebagai interpretasi hukum yang sah.”

Wakil Presiden pertama Peru, Martin Vizcarra, mengakui kesetiaannya kepada Mr Kuczynski setelah dia kembali ke rumah dari Kanada di mana dia menjabat sebagai duta besar. Begitu juga dengan Wakil Presiden kedua, Mercedes Araoz, men-tweet “kesetiaan dan dukungan totalnya” kepada presiden. Dia menambahkan: “Kami terus bekerja sebagai sebuah tim untuk maju dengan revolusi sosial dari orang-orang terpilih secara demokratis.”

Perebutan Kekuasaan dari Dalam

Kuczynski, 79, awalnya menolak menerima uang dari Odebrecht.Saat ini, dia menolak menerima pembayaran ilegal namun mengakui bekerja untuk konsultasi dasar bagi firma tersebut.Pembayaran oleh Odebrecht dilakukan ke Westfield Capital Ltd, sebuah perusahaan milik Mr Kuczynski.Dia mengatakan bahwa walaupun dia memiliki perusahaan itu, dia bukan manajernya saat menerima pembayaran.

Dia mengatakan bahwa dia tidak memiliki keterlibatan dalam manajemen perusahaan selagi dia memegang jabatan menteri di pemerintahan mantan Presiden, Alejandro Toledo (2001-06).Kuczynski telah meminta Organisasi Negara-negara Amerika (OAS), yang berbasis di Washington, untuk mengirim pengamat untuk memantau langkah yang mengarah pada aksi pemakzulan.

Kritik terhadap pemaksaan impeachment mengatakan bahwa ini adalah perebutan kekuasaan oleh partai sayap kanan, partai Popular Force yang mengendalikan kongres Peru.Pemimpin partai tersebut, Keiko Fujimori, kalah dalam pemilihan 2016 terhadap Mr Kuczynski dengan selisih kecil.Popular Force mengatakan bahwa Kuczynski telah berulang kali berbohong tentang hubungannya dengan dewa poker Odebrecht.

Di sisi lain, jaksa Peru juga menyelidiki tuduhan sumbangan ilegal dari perusahaan tersebut kepada kampanye Fujimori. Mantan Presiden Toledo saat ini sedang berjuang ekstradisi ke Peru atas tuduhan menerima suap dari Odebrecht.Presiden terakhir negara itu, Ollanta Humala, berada dalam penahanan pra-sidang bersama istrinya, Nadine Heredia, menghadapi tuduhan pencucian uang dari perusahaan tersebut.

Memang cukup menyedihkan jika kepala negara atau orang yang berkuasa atas Peru kemudian bermain dengan api. Walaupun tentunya tidak bisa disangkal jika semua itu berdasarkan kepentingan masing-masing.Hingga saat ini, belum terlihat upaya pemakzulan atau kudeta yang dilakukan secara massif.Namun, sang presiden terlihat cukup khawatir dengan kekuasaannya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *