Juarai ASEAN Para Games 2017, Atlet Difabel Diganjar Bonus Fantastis

Geliat kemampuan olahraga atlet difabel Indonesia sepertinya tak bisa diremehkan. Dalam ajang ASEAN Para Games 2017 yang berlangsung di Kuala Lumpur, mereka berhasil meraih hasil membanggakan yakni Juara Umum. Mengalahkan tuan rumah Malaysia, kontingen Merah Putih mengumpulkan total 126 emas, 75 perak dan 50 perunggu. Malaysia bahkan tak bisa berbuat banyak di posisi kedua dengan hanya bisa meraih 90 emas.

 

Membuktikan keterbatasan bukanlah hambatan meraih prestasi gemilang, atlet difabel Tanah Air mampu tampil cemerlang di cabang atletik, angkat berat dan renang. Diikuti 11 negara di Asia Tenggara, prestasi ini jelas menjadi sinyal masa depan cerah dunia olahraga Indonesia. Seperti layaknya sang juara yang pulang kembali ke rumahnya, para atlet difabel itu tiba di bandara Adi Soemarmo hari Minggu (24/9) dengan sambutan meriah.

 

Ada Menpora Imam Nahrawi, Presiden NPC Senny Marbun, CdM Bayu Rahadrian dan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo yang ikut menyambut para pahlawan olahraga ini. Bukan cuma pejabat penting, banyak warga di areal bandara yang memberikan tepuk tangan meriah saat mereka hadir sehingga membuat air mata haru bahagia pun tumpah di wajah para atlet difabel. Diarak menggunakan mobil jeep, bus dan konvoi sepeda motor, atlet-atlet inipun menuju hotel Lor in Solo.

 

Bonus Setara Atlet SEA Games 2017

 

Dilansir Detik, Menpora memuji sumber kekuatan para atlet difabel itu. Menurut Imam, motivasi tinggi para atlet Domino online memang jadi faktor utama kemenangan selain mental juara mereka. Gelar juara di Malaysia ini adalah hasil panjang pemusatan latihan yang sudah dilakukan sejak awal 2016 di Solo. Karena hasil luar biasa ini, Menpora pun berjanji bakal memberikan bonus dengan sangat adil.

 

Janji Imam ini memang sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. “Presiden Jokowi terus mewanti-wanti persamaan hak ini sejak SEA Games Singapura beberapa tahun lalu. Komitmen bapak Presiden Jokowi mari kita kawal bersama. Terkait bonus, sama dengan atlet SEA Games seperti yang pernah diberikan untuk olimpian dan paralimpian. Pemerintah tidak lagi bersikap diskriminasi,”

 

Sekedar informasi, untuk ajang SEA Games Singapura 2015 lalu, pemerintah menjanjikan bonus medali emas mencapai Rp 200 juta untuk perorangan dan Rp 100 juta untuk beregu. Lalu medali perak perorangan Rp 30 juta dan beregu Rp 25 juta. Sementara medali perunggu besarnya Rp 30 juta perorangan dan beregu Rp 15 juta.

 

Atlet Difabel Diangkat Jadi PNS

 

Yang menggembirakan, bonus untuk para peraih medali sepertinya tak hanya emas. Para atlet difabel peraih medali emas ini bahkan dipersiapkan bonus untuk diangkat sebagai Pegawai Negara Sipil (PNS). Bonus ini rupanya sama seperti yang diraih atlet SEA Games. Atas hal ini, Menpora Imam berharap agar persyaratan PNS untuk atlet difabel tidak disamakan dengan yang biasa.

 

Hadiah pengangkatan menjadi PNS sendiri rupanya sudah pernah disebutkan Menpora pada awal Agustus lalu. Di mana kini pemerintah mempersiapkan dua jenis bonus pengganti uang kepada atlet berprestasi baik difabel atau tidak. Dua jenis bonus itu adalah jabatan PNS untuk para peraih medali emas yang sudah disambut positif oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan tempat tinggal. Untuk bonus tempat tinggal, proses pembicaraan ke arah semakin baik sudah dibicarakan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Semoga saja bonus yang ditetapkan pemerintah ini membuat para atlet Indonesia makin berjuang maksimal untuk Tanah Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *