Film DC Awalnya Tidak Disebut The Extended Universe DC

Persaingan antara Marvel dan DC terus menggeliat. Hal ini tidak hanya dilihat dari komik atau daftar superhero dan film mereka saja termasuk dari nama dunia mereka. Ya, persaingan antara Justice League milik DC dan Avengers bisa dikatakan salah satu puncak dari dampaknya. Tapi, yang jelas, keduanya memiliki fans fanatik yang juga saling adu argumen dan pujian untuk masing-masing karakter favorit mereka.

Fakta Dibalik Nama Extended Universe DC

Tidak bisa dipungkiri. Marvel Cinematic Universe pertama kali diperkenalkan hampir satu dekade yang lalu. Konsep itu kemudian membawa dampak terkait gambaran semesta bersama dan cerita serial yang kemudian terus berlanjut. Bisa dikatakan, ide ini sangat brilian karena menggabungkan dunia masing-masing superhero ke dalam satu dunia sehingga muncullah film yang menampilkan beberapa superhero dalam satu waktu seperti Avengers.

Tren ini kemudian telah mengubah bagaimana cara blockbusters diproduksi dan menginspirasi alam semesta sinematik lainnya termasuk juga lahirnya alam semesta monster seperti MonsterVerse (contoh Godzilla) dan DC Extended Universe. Hanya saja, khusus untuk DCEU, sebenarnya dunia ceme online mereka tidak diberi nama DCEU secara resmi seperti yang dikenal saat ini.

Abraham Riesman (Vulture) baru-baru ini mewawancarai beberapa kepala tokoh di DC Studios, dan mengetahui bahwa istilah “Extended Universe DC” tidak digunakan secara internal, dan kebanyakan merupakan penciptaan dari penggemar, khayalan dan meledak di pasaran. Abraham Riesman mengungkapkan hal ini di thread Twitternya sekaligus mempromosikan kisah terbarunya tentang rencana semesta DC ke depannya.

Ternyata dimulainya judul Extended Universe DC berasal dari sebuah cerita yang diterbitkan EW pada tahun 2015. Penulis Keith Staskiewicz benar-benar membuat judulnya sendiri, dan ini mungkin sebagian merupakan sebuah lelucon. Sejak itu, fandom dan media telah menyukainya dan mengeksposnya secara eksklusif untuk menyebutkan alam semesta milik DC sehingga dikenal sebagai DCEU selama beberapa tahun terakhir. Jadi, nama DCEU bukan dari pihak petinggi DC.

Kenapa Petinggi DC Tidak Cetuskan Nama DCEU?

Kabar bahwa orang-orang di DC tidak menyebut alam semesta bersama mereka dengan sebutan DC Extended Universe adalah karena sedikit mind-blower. Selain itu, ini juga berarti bahwa pihak studio memiliki potensi raja poker yang besar untuk mengubah nama waralaba mereka dengan benar pada setiap waktu. Tapi, bagaimanapun, mengingat bagaimana MCU telah menjadi merek ikonik, kita hanya bisa berasumsi bahwa DC ingin mengikutinya dengan pesaingnya.

Kemudian lagi, mungkin juga Geoff Johns dan orang-orang di studio tahu bahwa mereka dapat melakukan hal yang baik dan mendapatkan keuntungan dari nama DCEU. Masyarakat secara luas juga telah menerima DCEU sebagai nama alam semesta bersama dunia DC sehingga mungkin lebih baik mereka tidak mengubahnya dan tidak membocorkan rahasia dibalik nama DCEU. Itulah mengapa kabar Abraham Riesman yang mengungkap nama DCEU telah disoroti banyak media dan bukan dari orang DC sendiri yang mengungkapkan dibalik nama DCEU tersebut.

Tentu saja, nama alam semesta tersebut tidak akan benar-benar membuat banyak perbedaan dalam hal jadwal film DCEU. Alam semesta yang baru tumbuh ini telah mengumumkan proyek baru setiap beberapa bulan. Banyak di antara film baru yang akan dibuat yang hingga hari ini belum ditemukan sutradaranya atau bahkan tanggal rilis yang konkret.

Pengecualian hal tersebut, tentu saja ada dua film berikutnya yang akan datang yang tidak boleh dilewatkan yakni, Justice League dan Aquaman. Yang pertama akan tiba sekitar satu setengah bulan (November) dan film solo pertama Arthur Curry akan tiba pada Desember 2018. Tapi setelah itu, kita harus menunggu satu tahun lagi untuk Shazam dan Wonder Woman 2 sampai pada tahun 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *