Manchester City Mampu Permalukan Liverpool di Kandang Sendiri

Masih saja menjadi bahan perbincangan public tentang kekalahan Liverpool dengan skor telak atas Manchester City 5-0. Penyerang Brazil, Gabriel Jesus, mencetak dua buah gol saat Manchester City menaklukkan Liverpool. Pertandingan yang berlangsung sebagai lanjutan dari Liga Inggris yang dihelat di Stadion Etihad Sabtu pekan lalu itu hatus memainkan babak kedua hanya dengan 10 orang pemain.

Setidaknnya, hasil ini bisa membuat City bernapas sedikit lebih lega. Hal ini karena sementara mereka saat ini bisa memuncak di klasemen Liga Inggris. Mereka berhasil unggul dengan jumlah 10 poin dari 4 buah pertandingan yang sudah mereka lakoni. Mereka unggul dari rival satu kota mereka, Manchester United yang pada saat itu menjamu Stoke City di Sabtu malam juga.

Liverpool Kurang Beruntung Kali Ini

Pada pertandingan tersebut, penyerang dari Liverpool, Sadio Mane, terpaksa harus diganjar kartu merah pada menit yang terbilang masih awal, yakni menit ke-37. Ia diganjar kartu merah karena dirinya mengangkat kaki terlampau tinggi ketika berduel dengan City Ederson, sang kiper, yang saat itu berlari meninggalkan kotak penaltinya dan juga harus ditandu untuk keluar lapangan seusai mengalami benturan dengan Mane.

Pada saat kejadian itu terjadi, City sudah unggul dengan skor 1-0 karena gol Sergio Aguero dan mereka langsung saja memaksimalkan keunggulan jumlah pemainnya saat Jesus menanduk umpan silang dari De Bruyne. Pemain asal Brazil itu mengemas golnya yang kedua pada menit ke 53 seusai Augero mengoperkan bolanya. Dan Leroy Sane berhasil mengubah skor jadi 4-0 seusai bekerja sama dengan Benjamin Mendy.

Sane kemudian melengkapi pembantaian yang mana dilakukan oleh klubnya di fase akhir dari pertandingan dewa poker ini dengan sebuah tembakan kaki kiri yang melengkung dengan sangat apik dari jarak kurang lebih 25 meter menuju ke sudut atas gawang. Meskipun kartu merah jadi sebuah momen pada pertandingan ini, rapuhnya performa dan pertahanan dari Liverpool juga terekspos kembali saat City dengan mudahnya membongkar lini belakang dari si Merah itu.

Pep Guardiola, selaku manajer City, memilih untuk menurunkan formasi yang mana relative lebih bertahan dengan Kyle Walker dan juga Benjamin Mendy yang saat itu beroperasai sebagai 2 bek sayap di samping pertahanan yang berisikan 3 orang.

Serangan tandem Jesus dan Aguero sangat memukau. Dan formasi ini sangat bergantung pada gelandang Belgia, Kevin De Bruyne, yang mana menjadi sumber kreatifitas untuk Manchester City. Ia bisa menunaikan tugasnya dengan sangat sempurna.

Operan yang sempurna juga tertuju untuk Aguero yang mana saat itu berlari dengan pengaturan waktu yang sangat tepat. Pemain asal Argentina itu juga membuka gol seusai mengecoh Simon Mignolet, kiepr Liverpool.

Akan tetapi, bagaimana juga, Liverpool sempat mengancam saat pemain sayap cepat mereka yang berasal dari Mesir, Mohammed Salah, menaklukkan Nicholas Otamendi sebanyak 2 kali. Akan tetapi sayang sekali, kesempatan-kesempatan itu tak mampu melepaskan tembakan ataupun juga mengirim umpang silang yang akurat.

Mignolet ketika itu harus menghentikan bola menggunakan kakinya pada menit ke 35 dari sebuah tembakan mendatar dari John Stones. Seusai bola jatuh ke kaki pemain bertahan milik City tersebut, lalu menyusul tendangan sudut.

Bagaimanapun juga hasil ini membahagiakan City namun mempermalukan Liverpool di kandang mereka sendiri. Di sepanjang pertandingan itu terkesan Liverpool malah kuranga aktif dan Manchester City lebih mendominasi pertandingan dengan sangat gesit dan apik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *