Gangnam Style Tidak Lagi Terpopuler di YouTube

Video Gangnam style yang mana dibawakan oleh penyanyi pop asal Korea, Psy, pasalnya tak lagi menjadi video terpopuler yang paling banyak mendapatkan penonton di YouTube. Hal ini mengejutkan mengingat selama lima tahun terakhir, Gangnam style menjadi video music yang paling banyak ditonton di YouTube. Hal ini seperti dilansir oleh wartawan BBC pada bidang music, Mark Savage.

Sempat menjadi viral beberapa tahun belakangan karena video ini sangat unik. Tidak hanya itu, lagu Gangnam style yang dirilis pada tahun 2012 itu juga memiliki musik yang ‘asik’ sehingga siapa saja yang mendengarkannya langsung berinisiatif untuk menari gaya Gangnam style. Video Gangnam style sempat menjadi sangat populer. Dan begitu populernya, Gangnam style tercatat sebagai video music yang dinikmati dan ditonton sampai melewati batas perhitungan YouTube yakni sebesar 2.147.483.647. oleh karena hal itu, situs berbagi tersebut pasalnya harus memperbesar kapasitasnya.

Gangnam Style Sempat Lewati Batas Perhitungan YouTube

Seperti yang sudah disebutkan, Gangnam style sempat menjadi video yang sangat populer dan YouTube pun harus meningkatkan kapasitasnya dewa poker karena batas perhitungan berapa kali ditontonnya sebuah video telah terlampaui. YouTube selama ini menggunakan sistem penghitung 32-bit integer, dengan setiap unit mencerminkan data dalam arsitektur computer yang mana memungkinkan perhitungan maksimalnya adalah sebanyak 2.147.483.647.

Dan dalam pernyataannya pada tanggal 1 Desember 2014 silam. YouTube mengatakan bahwa pihanya “tidak pernah memikirkan sebuah video akan ditonton lebih dari 32-bit integer…” namun itu sebelum YouTube bertemu dengan Psy. Psy yang merupakan penyanyi dari Gangnam Style itu malahan belum memberikan komentarnya terkait dengan banyaknya penonton di YouTube yang menonton videonya.

Tak Lagi Jadi yang Terpopuler

Namun sayang sekali, Gangnam style nampaknya telah melewati masa-masa emasnya di mana video tersebut sudah tak lagi menjadi yang terpopuler di YouTube. Gangnam style telah dikalahkan oleh video music lainnya, yakni video clip dari Wiz Khalifa dan Charlie Puth, See You Again.

Balada yang mana sempat mengoyak dan memilukan hati itu sudah ditonton oleh milyaran umat yakni tercatat sebesar 2.895.373.709 kali. Hal ini tentu saja mengalahkan video Gangnam style milik Psy yang sejauh ini ditonton sebanyak 2.894.426.475 kali.

Seperti yang sudah diketahui, publik sempat terkejut dengan tewasnya Paul Walker sebelum syuting film Fast Furious 7 rampung. Lagu ini pasalnya ditulis untuk film laga tersebut dan juga penutupnya didedikasikan untuk sang actor terkenal itu.

Pada tahun 2015, See You Again tercatat sebagai lagu terlaris yang ada di seluruh dunia. Lagu ini juga dinominasikan sebagai lagu terbaik dalam acara penghargaan Oscar dan Grammy. Dan dalam tempo enam bulan saja, video See You Again telah ditonton satu milyar kali dan pada bulan September lalu, video ini sudah ditonton sebanyak 2 milyar kali.

Namun lagi dan lagi, mungkin saja kepopuleran di YouTube tidak akan bertahan lama. Pasalnya, ada klip lainnya yang menggeser kepopuleran See You Again dan Gangnam style. Despacito, lagu yang dibawakan oleh penyanyi Luis Fonsi asal Puerto Rico sudah ditonton sebanyak 2.5 milyar kali sampai saat ini. itu hanya dalam waktu 6 bulan. Dan bisa saja, dalam waktu lebih lama, Despacito akan mendapatkan lebih banyak penonton lagi.  Lagu yang dinyanyikan dalam bahasa campuran, Inggris dan Spanyol, itu menduduki tangga teratas dalam jajaran music di Inggris selama kurang lebih 8 minggu terakhir ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *